Sukses


Plus Minus Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games Asuhan Shin Tae-yong: Tampil Elegan, namun Punya Banyak PR

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia proyeksi SEA Games menyudahi pemusatan latihan di Jakarta dengan dua laga uji coba. Pasukan Shin Tae-yong tampil elegan dengan raihan dua kemenangan pada laga-laga tersebut.

Timnas Indonesia proyeksi SEA Games berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Tira Persikabo (5/3/2021) dan 3-1 atas Bali United (7/3/2021). Kemenangan tersebut merupakan kinerja mengesankan dalam sebulan menggelar pemusatan latihan.

Shin Tae-yong sukses membentuk dan memoles Timnas Indonesia proyeksi SEA Games dengan segala keterbatasan yang ada. Mulai dari waktu yang tak banyak, dan harus memulai awal penggenjotan fisik setelah mayoritas pemain sudah lama tidak berlatih dan bermain di lapangan.

Kemenangan pada dua laga uji coba bisa menjadi acuan buat Shin Tae-yong untuk mengukur kinerja pemain. Meskipun tak menutup kemungkinan akan adanya prosesi promosi degradasi seiring berjalannya waktu.

Shin Tae-yong masih punya delapan bulan waktu untuk menemukan formula yang tepat. Maklum, Timnas Indonesia mendapatkan beban berat yakni target medali emas SEA Games 2021.

Lantas, seperti apa gambaran umum Timnas Indonesia proyeksi SEA Games sejauh ini? Berikut ini plus minus Timnas Indonesia setelah melakukan sebulan pemusatan latihan dan menggelar dua laga uji coba.

2 dari 4 halaman

Plus

Timnas Indonesia sukses mencetak lima gol dan hanya kemasukan sekali dalam dua laga uji coba yang dimainkan. Hal tersebut sudah membuktikan adanya kualitas dan peningkatan yang dialami.

Dalam dua laga uji coba, Timnas Indonesia memiliki konsentrasi yang baik. Para pemain tak gentar ketika mendapatkan tekanan bertubi-tubi dari lawan.

Kualitas lini tengah juga patut mendapatkan apresiasi. Para gelandang pilihan berhasil memaksimalkan peran dengan mengalirkan bola ke lini depan, terutama Adam Alis.

"Adam memuaskan saya. Pemain lain bisa belajar dari penampilan Adam Alis. Kalau pemain lain bisa seperti Adam, pasti tim ini akan meningkat juga ke depannya," kata Shin Tae Yong.

Situasi itu berhasil dimaksimalkan oleh para penyerang Timnas Indonesia. Dalama lima gol yang dicetak, tiga di antaranya dibukukan oleh pemain depan.

3 dari 4 halaman

Minus

Timnas Indonesia disebut Shin Tae-yong masih memiliki banyak kekurangan setelah melakoni dua laga uji coba. Fisik dan mental pemain menjadi sotoran paling mendasar dari pelatih asal Korea Selatan itu.

Menurut Shin Tae-yong, para pemain Timnas Indonesia memiliki kualitas fisik yang belum memuaskan. Hal itu tentu sangat wajar mengingat hampir setahun mayoritas pemain tak berkompetisi.

"Kondisi fisik dan mental para pemain masih belum memuaskan. Mereka juga kurang dalam pertarungan memerebutkan bola," kata Shin Tae-yong.

Selain itu, para pemain disebut belum maksimal dalam mengeluarkan mental bertarung. Para pemain juga masih sering gagal fokus ketika berduel satu melawan satu dengan lawan. Kemudian pemain sesekali masih sering melakukan kesalahan fatal di lini belakang yang terlihat dalam laga melawan Bali United.

"Para pemain gampang sekali kehilangan bola. Saat menyerang, duel satu lawan satu juga masih belum optimal, akhirnya masih susah membuat gol. Saya akan berusaha memperbaiki satu per satu," tegas Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer