Sukses


Legenda Timnas Indonesia Angkat Bicara, Perlukah STY Mainkan Semua Naturalisasi kontra Vietnam?

Bola.com, Jakarta - Skuad Timnas Indonesia sudah berangkat ke Vietnam, Sabtu (23/3/2024). Mereka akan melakoni partai tandang kontra Vietnam pada laga lanjutan Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

Dalam lawatan ini, ada 25 pemain yang dibawa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), untuk menghadapi Vietnam. Delapan di antaranya adalah pemain naturalisasi.

Mereka adalah Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Rafael Struick.

Muncul masukan dari publik, pelatih Shin Tae-yong perlu memainkan semua pemain naturalisasi itu. Sebab, laga ini juga perlu jadi pembuktian nama-nama tersebut, sekaligus memastikan kemenangan Timnas Indonesia pada partai tandang.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ada di Tangan Shin Tae-yong

Pengamat sepak bola nasional, Ferril Raymond Hattu, memandang hal itu bisa saja dilakukan. Namun, keputusan tetap ada di tangan Shin Tae-yong sesuai dengan kebutuhan tim dalam pertandingan nanti.

"Mereka dimainkan atau tidak, itu ada di tangan STY. Dia tentu sudah tahu kualitas pemain masing-masing. Dia yang menetapkan bagaimana timnas kita nanti melawan Vietnam," kata legenda Timnas Indonesia itu kepada Bola.com, Sabtu (23/3/2024) malam.

3 dari 5 halaman

Masih Banyak Perbaikan

Sebelumnya, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (21/3/2024). Meski menang, Ferril merasa perlu banyak perbaikan dari laga itu.

"Harus diakui, pertandingan kemarin itu tidak terlalu bagus dalam penyelesaian akhir. Tetapi, itu jadi modal bagus karena menang di kandang. Sekarang, tantangannya adalah main tandang di Vietnam," ucap pria yang membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games 1991 itu.

Dalam situasi ini, penampilan para pemain naturalisasi sangat diperlukan. Sebab, mereka menjalani naturalisasi hingga menjadi WNI tentu saja untuk memperbaiki kualitas permainan Timnas Indonesia.

 

4 dari 5 halaman

Kualitas Timnas Indonesia Meningkat

Ferril termasuk pihak yang mendukung langkah Shin Tae-yong dalam menaturalisasi pemain yang berkarier di Eropa. Sebab dengan begitu, kualitas permainan Timnas Indonesia akan meningkat di tengah tuntutan meraih kemenangan.

"Seharusnya pemain naturalisasi ini tidak jadi masalah. Mereka mau main di sini, ya tentu kita diuntungkan. Mereka juga berhak menjadi WNI karena punya darah Indonesia," ujar mantan kapten Timnas Indonesia itu.

"STY sudah punya konsep permainan kerja sama tim. Pemain naturalisasi itu sudah paham apa yang perlu dilakukan, meskipun belum mulus. Tetapi, sudah terlihat bahwa mutu permainan timnas kita jadi jauh lebih bagus," imbuhnya.

 

5 dari 5 halaman

Posisi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia kini menduduki posisi kedua Grup F dengan empat poin di bawah Irak yang di puncak dengan sembilan angka. Adapun Vietnam turun peringkat tiga Grup F dengan tiga angka.

Jika berhasil menang lagi melawan Vietnam, Tim Merah Putih akan mengoleksi tujuh poin. Hal itu nantinya akan memperlebar kans untuk bisa melaju ke babak ketiga.

"Mental dan pemahaman sepak bola modern ini sudah ditanamkan. Standar bermain di timnas sekarang berbeda. STY memilih apa yang dibutuhkan. Saya kira, pemain naturalisasi akan banyak memberikan dampak positif," tutur pria berusia 61 tahun itu.

Video Populer

Foto Populer