Sukses


8 Manajer Asal Belanda yang Pernah Menangani Tim Liga Inggris: Next Erik ten Hag ke MU?

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris, selain para pemainnya, adalah tempat berkumpulnya manajer hebat. Satu di antara penyumbang terbaiknya berasal dari Belanda.

Itu tidak mengejutkan. Belanda adalah negara sepak bola yang benar-benar berpengaruh dan telah memberikan ide-ide seperti sepak bola total alias total voetbal.

Setelah era Frank Rijkaard, Marc van Basten, hingga Robin van Persie, sosok berikutnya dalam daftar figur asal Belanda yang berpengaruh adalah manajer Ajax Erik ten Hag. Dipuji karena gaya permainannya yang taktis dan penekanannya pada pemain muda, dia banyak dikaitkan dengan Manchester United (MU) dan mudah untuk mengetahui alasannya.

Dia membawa Ajax ke semifinal Liga Champions, memenangkan banyak gelar dan, yang lebih mengesankan, membangun kembali skuad berturut-turut meskipun melihat pemain terbaiknya direbut dari klub Eropa lainnya.

Tapi apa yang bisa dia pelajari tentang Liga Inggris dari rekan senegaranya yang telah mendahuluinya? Kali ini Bola.com merangkum manajer asal Belanda yang pernah berkarier di Premier League.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 10 halaman

Frank de Boer

Klub: Crystal Palace

Hanya empat pertandingan, nol poin, dan dicap sebagai "manajer terburuk dalam sejarah Liga Inggris" oleh Jose Mourinho; Waktu De Boer di Inggris tidak bagus.

Biasanya, seseorang yang berada di atas, Mourinho mungkin benar. De Boer juga bukan manajer sementara, dia hanya menangani Crystal Palace sebanyak empat pertandingan sebelum didepak pada September 2017.

Pada wawancara untuk The Independent, ia kemudian mengklaim bahwa Palace tidak memiliki kualitas pemain yang biasa ia kelola.

"Sering kali ketika Anda pergi ke klub, chemistry tidak benar-benar ada di sana,” katanya. “Itulah mengapa saya bermain lima di belakang, 5-4-1, sangat defensif, bukan jenis ide saya, tetapi memang itu yang bisa saya lakukan dengan para pemain yang saya miliki saat itu."

 

3 dari 10 halaman

Rene Meulensteen

Klub: Fulham

Meulensteen lebih dikenal sebagai pelatih daripada sebagai manajer, setelah menghabiskan banyak waktu sebagai pelatih dan manajer cadangan di Manchester United, di mana ia menjalin persahabatan dekat dengan Ole Gunnar Solskjaer.

Keduanya membahas ide dan taktik kepelatihan. Segera Solskjaer pergi ke Molde untuk mencobanya sendiri dan pada 2013, Meulensteen juga mendapat terobosan besar ketika Fulham menunjuknya untuk menggantikan Martin Jol yang dipecat.

Dipekerjakan pada bulan November, ia memperoleh 10 poin dari 13 pertandingan sebelum dipecat pada Hari Valentine pada tahun 2014 karena Fulham memilih untuk mempekerjakan Felix Magath.

Magath, ironisnya, membawa Fulham terdegradasi pada akhir musim, finis di urutan ke-19.

 

4 dari 10 halaman

Dick Advocaat

Klub: Sunderland

Advocaat memiliki karier 41 tahun yang luar biasa dalam manajemen sepak bola. Untuk konteksnya, itu lebih lama dari 39 tahun Sir Alex Ferguson dan 34 tahun yang relatif amatir Arsene Wenger.

13 pertandingannya sebagai manajer Sunderland pada tahun 2015, bagaimanapun, tidak membuatnya cukup membuktikan kapasitasnya. Ia bergabung jelang berakhirnya musim 2014/2015, di mana tim berjulukan The Black Cats itu bertahan dari degradasi.

Sayang, setelah mendapatkan perpanjangan kontrak satu musim, Advocaat hanya berhasil sampai Oktober 2015 sebelum mengundurkan diri.

 

5 dari 10 halaman

Guus Hiddink

Klub: Chelsea

Hiddink memiliki rasio poin per pertandingan terbaik dari siapa pun di daftar ini, dua periodenya di Chelsea sebagai manajer sementara menghasilkan 1,94 poin per pertandingan.

Dia juga yang pertama dalam daftar ini yang memenangkan trofi di Inggris, mengangkat Piala FA 2009 bersama Chelsea selama masa pemerintahan pertamanya yang membuatnya menggantikan Felipe Scolari. Dia hanya kalah sekali selama waktu itu, dan mencapai semifinal Liga Champions sebelum kembali ke posisinya sebagai manajer Rusia.

“Jika Anda bisa mendapatkan trofi ini, itu adalah salah satu hal yang Anda impikan sebagai seorang manajer,” kata Hiddink. “Saya pikir Piala FA, menangani tim ibu kota, adalah salah satu yang disukai semua orang.”

Hiddink kembali pada tahun 2015 dengan Chelsea sekali lagi dalam krisis, mengambil alih menyusul kejatuhan dari periode kedua Mourinho, di mana The Blues terlempar di tempat ke-16.

Pelatih Belanda itu membawa mereka ke urutan 10 tetapi tidak bisa mengulangi kesuksesannya memenangkan Piala FA.

 

6 dari 10 halaman

Louis van Gaal

Klub: Manchester United

Waktu Van Gaal di Manchester United sangat legendaris. Bukan karena trofi, meskipun dia memenangkan Piala FA di pertandingan terakhirnya sebagai pelatih, tetapi karena 'kelucuannya'.

Menirukan insiden terjatuh di depan wasit dan pidato mabuknya di upacara penghargaan klub, Van Gaal benar-benar 'memberikan warna lain' di MU.

 

7 dari 10 halaman

Ruud Gullit

Klub: Chelsea dan Newcastle

Gullit adalah salah satu pemain Belanda terhebat yang pernah menghiasi lapangan, dan itu mengatakan sesuatu ketika Anda mempertimbangkan kualitas pemain yang datang dari negara ini.

Karier manajemennya dimulai ketika Glenn Hoddle meninggalkan Chelsea pada tahun 1996 dan ia menjadi pemain-manajer. Musim itu ia memimpin Chelsea ke Piala FA, menjadi manajer kulit hitam pertama yang memenangkan trofi utama di sepak bola Inggris.

Tapi dia mendapati dirinya dipecat pada tahun berikutnya dan kemudian mengambil alih di Newcastle pada tahun 1998. Gullit mencapai final Piala FA lainnya pada tahun 1999, tapi kalah dari Manchester United yang sedang dalam perjalanan untuk meraih treble.

Waktunya di Tyneside terkenal karena perseteruannya dengan Alan Shearer, dan dia mengundurkan diri usai menjalani lima pertandingan pada musim 1999/2000.

“Ruud Gullit tidak memiliki pengalaman untuk berurusan dengan kepribadian di ruang ganti saat itu,” kata legenda Newcastle asal Peru, Nolberto Solano.

 

8 dari 10 halaman

Ronald Koeman

Klub: Southampton dan Everton

Koeman adalah salah satu pemain terbaik di generasinya, dan sebagai manajer dia meraih banyak kesuksesan, memenangkan beberapa trofi.

Tapi tiga tahun di Inggris pertama dengan Southampton dan kemudian Everton tidak mencerminkan kejayaannya sebagai pemain.

Dengan Southampton memang dia mampu tampil brilian, memimpin The Saints ke urutan keenam Liga Inggris 2015/2016 dan membantu mereka lolos ke babak grup Liga Europa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Tapi dia sendiri tidak pernah membawa mereka ke Eropa. Dia pergi pada musim panas 2016 dan menggantikan Roberto Martinez sebagai manajer Everton.

Itu dimulai dengan baik, dan Everton mengamankan kualifikasi Liga Europa di musim pertamanya. Namun Koeman menghabiskan £150 juta di dua jendela transfernya dan pada Oktober 2017 mereka berada di zona degradasi.

 

9 dari 10 halaman

Martin Jol

Klub: Tottenham dan Fulham

Dengan 276 poin, Jol telah mengumpulkan poin terbanyak dari pemain Belanda lainnya dalam sejarah Premier League.

Itu mungkin tidak mengejutkan mengingat dia memiliki pertandingan Liga Inggri paling banyak dari siapa pun di daftar ini, di mana ia menghabiskan 201 pertandingan bersama Spurs dan Fulham.

Dia cukup stabil dengan Spurs tapi ya segitu saja. Jol tak sekalipun pernah membawa The Lilywhites ke Liga Champions.

“Kami memiliki tim yang hebat, tim muda. enam atau tujuh pemain internasional muda,” kata Martin Jol saat masih di White Hart Lane.

“Spurs, bagi saya, dan saya selalu merasakannya, adalah klub spesial. Saya adalah penggemar Spurs sejak awal. Jika Anda melihat cerita tentang saya, Anda akan melihat, misalnya, saya pergi ke Spurs sebagai manajer, tetapi saya memberi tahu orang-orang ketika saya masih muda, saya selalu menjadi penggemar Spurs."

“Saya tidak mengada-ada – itu benar. Saya adalah penggemar berat Jimmy Greaves.”

Waktunya di Fulham juga baik-baik saja. Bergabung pada tahun 2011, ia mempertahankan mereka di Liga Inggris di kedua musim penuhnya tetapi dipecat di pertengahan musim ketiganya setelah penampilan yang buruk.

Sumber: Planet Football

10 dari 10 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2021/2022

Video Populer

Foto Populer