Sukses


4 Caretaker yang Berhasil di Tim-Tim Besar Liga Inggris, Enggak Termasuk Frank Lampard Lho

Bola.com, Jakarta - Sungguh berat beban Frank Lampard. Berstatus pelatih sementara, sang legenda harus bisa mendongkrak performa Chelsea musim ini. Tak hanya di kompetisi domestik, tapi juga Liga Champions.

Di ajang Premier League 2022/2023, dengan torehan 39 poin, Chelsea masih tercecer di posisi ke-11 klasemen sementara. Di pentas Liga Champions musim ini, nasib London Biru berada di ujung bedil.

Lampard dan pasukannya pulang dari Santiago Bernabeu dengan muka babak belur setelah kalah 0-2 dari Real Madrid, dini hari tadi WIB. Bila ingin menjaga asa, maka Thiago Silva dkk harus bisa membalikkan keadaan kala menjamu Los Blancos di Stamford Bridge, pekan depan.

Lampard belum kiamat. Nasib orang tidak ada yang tahu. Berkaca dari pelatih-pelatih sementara sebelumnya, tak menutup kemungkinan legenda berusia 44 tahun itu dinaugi keberuntungan serta dewi fortuna.

Tak percaya, yuk kita lihat deretan pelatih caretaker yang justru sukses bersama klubnya masing-masing.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Ole Gunnar Solskjaer

Ia datang menggantikan posisi Jose Mourinho pada Desember 2018, Ole Gunnar Solskjaer membawa aura positif ke Old Trafford. Di bawah kepemimpinan juru taktik asal Norwegia itu, Manchester United menjalani 12 pertandingan Liga Inggis tanpa terkalahkan.

Momen-momen itu terjadi sebelum malam yang sangat dramatis di Paris, Prancis, pada Maret 2019. Tertinggal 0-2 dalam duel leg 1 babak 16 besar Liga Champions, Setan Merah berhasil melaju ke babak berikutnya setelah mengalahkan Paris Saint-Germain 3-1 di leg 2.

Setelah itu, manajemen klub memberi Ole Gunnar Solskjaer kontrak tiga tahun. Sayang, ia tak sanggup meneruskan pondasi timnya, sehingga gagal total alias tak mendapatkan trofi apapun.

 

3 dari 6 halaman

Guus Hiddink

Pria asal Belanda ini dua kali menjadi pelatih sementara Chelsea, 2008/2009 dan 2015/2016. Walau begitu, Guus Hiddink memahat pencapaian yang cukup membanggakan.

Pada musim pertamanya, Hiddink memenangkan Piala FA. Hiddink juga membawa The Blues finis di posisi ketiga Liga Inggris 2008/2009. Musim itu pula, Chelsea terhenti di semifinal Liga Champions, usai disingkirkan Barcelona.

Lalu, pada 2015, Hiddink membuat Chelsea tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan pertamanya sebagai nakhoda sementara. Di akhir musim, The Blues finis di papan tengah.

 

4 dari 6 halaman

Roberto Di Matteo

Awalnya, Di Matteo bertugas sebagai asisten Andre Villas-Boas. Namun dia naik pangkat menjadi pelatih kepala sementara setelah Chelsea mendepak AVB pada 2012.

Di Matteo berhasil mempersembahkan dua trofi, yakni Piala FA dan Liga Champions. Sesuatu hal yang sangat mustahil dilakukan seorang pelatih yang sama sekali minim pengalaman.

Di Matteo tak lama. Manajemen memecat Sang Italiano pasca-tiga bulan pertama musim berikutnya. Warisan Di Matteo sebagai pelatih sementara Chelsea akan selamanya menjadi inspirasi. Terlebih kepada Frank Lampard saat ini.

 

5 dari 6 halaman

Tony Barton

Ketika pelatih Aston Villa Ron Saunders bergabung dengan rival sekota, Birmingham City, pada Februari 1982, The Villans langsung terpuruk. Padahal, semusim sebelumnya, mereka menjadi yang terhebat di Divisi Utama.

Manajemen kemudian mendapuk Tony Barton sebagai pelatih sementara. Barton sama sekali tak punya pengalaman melatih sebelumnya.

Sang juara terkapar di urutan ke-15, saat Barton mengambil alih tim. Tapi dia berhasil menstabilkan klub saat akhirnya finis di urutan ke-11.

Kesuksesan sejati Barton tersaji di Eropa. Dia membawa Villa ke semifinal Piala Eropa. Klub menghadiahinya kontrak permanen sebagai hasilnya, dan mereka sepatutnya mencapai final dengan mengalahkan Anderlecht di semifinal.

Dalam beberapa bulan, Barton mendalangi kemenangan Piala Eropa di final atas Bayern Munchen, mengalahkan raksasa Jerman 1-0 melalui gol Peter Withe. Tidak buruk untuk kali pertama sebagai manajer.

Sumber : Fourfourtwo

6 dari 6 halaman

Man City Mendekat

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005

    Chelsea

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Sepakbola

  • SportBites

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer