Sukses


7 Pembajakan Transfer Pemain Dunia

Bola.com, Jakarta - Barcelona sukses mengamankan jasa gelandang asal Portugal, Andre Gomes, dari Valencia dengan nilai transfer sebesar 35 juta euro (Rp 506,4 miliar).

Transfer ini menimbulkan polemik karena sebelumya Real Madrid dikabarkan sedikit lagi bisa mendapat Gomes. Manuver El Barca dalam membajak transfer Gomes dari rivalnya tersebut semakin menambah panas persaingan kedua klub pada musim mendatang.

Pembajakan transfer lazim terjadi pada bursa tranfer sepak bola. Pemain yang sebelumnya diberitakan akan bergabung dengan suatu klub, tiba-tiba berubah haluan pada saat-saat akhir. Jika kedua klub yang memperebutkan pemain berada dalam satu kompetisi, hal tersebut memicu naiknya tensi pertandingan ketika kedua klub bertemu.

Proses pembajakan transfer juga dikategorikan sebagai suatu strategi klub. Suatu klub bisa dengan sengaja melakukan penawaran lebih besar agar sang pemain lebih memilih bergabung dengan klub tersebut, dibanding klub rivalnya.

Berikut ini adalah 7 kejadian pembajakan transfer yang melibatkan pemain besar:

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

1. David Beckham

David Beckham
Situasi panas yang melibatkan David Beckham dan Alex Ferguson membuat pihak klub berpikir untuk menjual Beckham pada musim panas 2003. Melihat kesempatan ini, Barcelona datang untuk mengajukan tawaran kepada United untuk manggaet Beckham. Namun Beckham harus menunggu hingga Joan Laporta terpilih sebagai Presiden Barcelona terlebih dahulu.

Melihat peluang untuk mencuri incaran Barcelona, Real Madrid datang dan mengajukan tawaran sebesar 35 juta euro (Rp 506,68 miliar) kepada United. Tawaran ini diterima pihak The Red Devils dan Beckham pun bergabung ke Santiago Bernabeu.

3 dari 8 halaman

2. Ronaldinho

Ronaldinho
Kedatangan Ronaldinho ke Barcelona merupakan efek berantai dari transfer Beckham. Mengetahui pemain incarannya berlabuh di Real Madrid, Barcelona segera mencari pemain bintang lainnya untuk didaratkan di Camp Nou. Saat itu, Ronaldinho yang bermain untuk Paris Saint-Germain semakin merapat ke Manchester United. Sir Alex menginginkan Ronaldinho sebagai pengganti Beckham.

Barcelona yang mengetahui hal ini, membalas perlakuan United dan melayangkan tawaran sebesar 30 juta euro (Rp 434,29 miliar) kepada PSG. Klub asal Paris menerima tawaran Barcelona dan Ronaldinho pun bergabung ke Camp Nou.

4 dari 8 halaman

3. Robinho

Robinho
Robinho merupakan satu di antara bintang berbakat dari Brasil. Ia didatangkan Real Madrid dari Santos pada tahun 2005. Pembicaraan kontrak baru yang tidak kunjung terjadi pada tahun 2008 membuat Robinho memutuskan untuk meninggalkan El Real dengan Chelsea menjadi tujuan berikutnya.

Namun, Manchester City yang saat itu baru diakusisi oleh Abu Dhabi United Group menawarkan gaji yang lebih tinggi dari yang ditawarkan oleh Chelsea. Robinho pun memilih bergabung ke Manchester City pada hari terakhir transfer Premier League. Robinho melakukan hal yang lucu ketika ia salah menyebutkan nama klub barunya usai menuntaskan transfer ke Manchester City.

"Pada hari terakhir transfer, Chelsea membuat tawaran yang bagus dan saya pun menerimanya. Maaf, maksud saya Manchester City," ucap Robinho kala itu.

5 dari 8 halaman

4. Pedro Rodriguez

Pedro Rodriguez
Pedro Rodriguez menjadi pemain yang paling diincar Manchester United di bawah asuhan Louis van Gaal. Pada musim 2015-16, Van Gaal meminta Ed Woodward untuk mendatangkan Pedro guna menambah daya gedor The Red Devils.

Negosiasi antara Barcelona dan United tampaknya akan segera terjadi, namun Chelsea datang dan memberikan tawaran yang realistis kepada Pedro. Sang pemain pun berlabuh di Chelsea dengann nilai transfer 19 juta poundsterling (Rp 327,11 miliar).

6 dari 8 halaman

5. Roy Keane

Roy Keane
Roy Keane merupakan pemain andalan Nottingham Forest pada periode 1990-1993 meskipun baru menembus usia 20 tahun. Pada musim 1992-93, Keane gagal menyelamatkan Forest dari jerat degradasi. Kenny Dalglish yang saat itu menangani Blackburn Rovers, mengajak pemain asal Republik Irlandia ini untuk pindah ke Ewood Park.

Kesalahan dokumen yang disiapkan oleh Blackburn membuat transfer tertunda dan harus menunggu hingga pekan depan untuk proses finalisasi. Melihat kesempatannya terbuka, Sir Alex menghubungi Keane dan mangajaknya bergabung ke Old Trafford pada hari itu juga. Keane pun menerima tawaran tersebut dan ia menjadi pemain Manchester United.

7 dari 8 halaman

6. Arjen Robben

Arjen Robben
Arjen Robben sudah dipantau oleh Manchester United sejak bermain untuk PSV Eindhoven. Sir Alex menjadikannya sebagai buruan utama pada awal musim 2004-05. Keinginan Fergie mendapat sambutan dari pihak Robben yang tengah mencari klub besar untuk lonjakan kariernya.

Namun Chelsea yang saat itu sudah dimiliki oleh Roman Abramovich membuat penawaran yang lebih bagus dari Manchester united. Robben akhirnya membatalkan pertemuan dengan United dan menandatangani kontrak dengan Chelsea.

8 dari 8 halaman

7. Mohamed Salah

Mohamed Salah
Mohamed Salah merupakan talenta terbaik asal Mesir yang bermain untuk FC Basel dan telah menjadi incaran Liverpool sejak Oktober 2013. Pada bursa transfer Januari 2014, Salah diberitakan telah berada di Liverpool untuk menunggu proses transfernya selesai.

Tetapi Jose Mourinho menghubungi Salah dan mengajaknya untuk bergabung ke Chelsea. Proses negosiasi antara Liverpool dan Basel berjalan alot, lalu Chelsea datang dengan tawaran yang lebih bagus. Basel pun menerima tawaran Chelsea dan Salah pindah ke kota London untuk bergabung dengan klub barunya.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer