Sukses


BRI Liga 1: Persebaya 2 Kali Dirugikan Wasit, Paul Munster Khawatir Terulang saat Jumpa Madura United

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, mengungkapkan kekhawatirannya jelang pertandingan terdekat. Persebaya dijadwalkan menjamu Madura United dalam pekan ke-29 BRI Liga 1 2023/2024, Rabu (13/3/2024) malam.

Kekhawatiran Paul Munster tertuju kepada wasit yang akan memimpin Derbi Suramadu itu. Sebab, Persebaya Surabaya sudah dua kali dirugikan keputusan wasit dalam dua pertandingan sebelumnya.

"Setelah pertandingan terakhir, terus persiapkan fisik dan mental para pemain untuk pertandingan mendatang. Kami bersemangat menyambut pertandingan ini, tapi juga sedikit khawatir," kata Paul Munster.

"Dua pertandingan terakhir, situasinya kurang bagus dari wasit. Dan kini wasit berikutnya muncul, juga masalah besar yang sama yang saya khawatirkan, Jadi, saya sedikit khawatir tentang hal itu," imbuh pelatih Persebaya Surabaya itu.

2 dari 6 halaman

Pertama Dirugikan saat Menghadapi PSS

Insiden pertama yang dimaksud Paul Munster adalah saat melawan PSS Sleman (3/3/2024). Dalam laga itu, wasit salah membuat keputusan dalam melihat pelanggaran yang terjadi tepat di depan mata.

Mulanya Bruno sedang tersungkur kesakitan, setelah kakinya ditendang dari belakang oleh bek lawan di menit ke-16. Dalam situasi itu, ada gelandang Ripal Wahyudi yang melakukan dribel terlihat ingin menjauhkan bola.

Wahyudi Hamisi berusaha merebut bola, tapi dia melepas sepakan yang akhirnya mengarah ke kepala Bruno. Sontak saja, wasit Ginanjar Rahman Latief meniup peluit semua pemain Persebaya Surabaya melakukan protes keras atas aksi brutal itu.

Pertandingan sempat terhenti sekitar dua menit karena pemain kedua kesebelasan terlibat adu mulut. Yang terjadi kemudian, Wahyudi Hamisi hanya menerima kartu kuning saja.

Pihak Persebaya telah mengirim protes terkait kepemimpinan wasit, tapi belum ada publikasi bahwa yang bersangkutan mendapat hukuman.

3 dari 6 halaman

Dirugikan Lagi Saat Hadapi Borneo FC

Kemudian, Persebaya Surabaya juga dirugikan saat kalah 1-2 dari Borneo FC pekan lalu (7/3/2024). Bajul Ijo mampu unggul dulu, tapi akhirnya tuan rumah mencetak dua gol balasan. Paul Munster juga geram dengan kepempinan wasit di laga ini.

Borneo terbantu gol bunuh diri winger Persebaya, Kasim Botan (90+2’). Ditambah, striker Paulo Henrique harus menerima kartu kuning kedua sehingga diusir oleh sang pengadil. Bermain dengan 10 orang saja semakin menyulitkan Persebaya meski skor saat itu masih 1-1.

Wasit Aidil Azmi sebenarnya memberikan tambahan waktu enam menit, tapi pertandingan masih berlangsung melebihi keputusannya sendiri. Sampai akhirnya, gol penentu kemenangan Borneo tercipta di menit ke-90+7.

Paul Munster bahkan menyebut timnya harus menghadapi 15 orang, yang secara implisit merujuk pada empat perangkat pertandingan membantu 11 pemain lawan.

4 dari 6 halaman

Khawatir Terulang saat Hadapi Madura United

Kini, Paul Munster masih memiliki kekhawatiran hal serupa bisa terjadi saat melawan Madura United. Sebab, tak ada tindakan tegas untuk wasit yang bermasalah.

"Dalam pertandingan seperti ini, Anda membutuhkan wasit asing yang berkualitas. Jadi, saya fokus pertandingan tapi saua juga sadar. Saya punya pengalaman di Indonesia bersama wasit dan tidak ada yang berubah," ucap Munster.

"Beberapa laga terakhir, aya tidak mendengar apa pun tentang sanksi atau hukuman untuk wasit. Seperti yang saya katakan, saya tahu tidak akan terjadi apa-apa, dan saya terbukti benar," tutur pelatih Persebaya Surabaya berpaspor Irlandia Utara itu.

5 dari 6 halaman

Persebaya Mendominasi

Duel bertajuk Derbi Suramadu itu akan memasuki edisi ke-18. Catatan pertemuan menunjukkan Persebaya Surabaya merupakan tim yang masih mendominasi Madura United.

Bajul Ijo mampu membukukan 10 kemenangan, sedangkan Laskar Sape Kerap hanya dua kali.

Total, terdapat 51 gol yang tercipta dalam semua pertandingan Derbi Suramadu di semua ajang. Lagi-lagi Persebaya lebih banyak mencetak gol dengan membukukan 31, sementara Madura United tertinggal jauh dengan mencetak 20 gol.

Tapi, lain halnya dengan pertemuan terakhir kedua tim yang terjadi di putaran pertama Liga 1 musim ini.

Madura United sukses menang 3-0 atas Persebaya pada 17 September 2023. Itu jadi kemenangan pertama tim asal Pulau Garam itu atas Bajul Ijo sepanjang pertemuan di BRI Liga 1.

6 dari 6 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer