Sukses


BRI Liga 1: Pernah Terlibat Insiden Sikutan, Bek Persebaya Bakal Temui Pemain Dewa United

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya akan bersua Dewa United dalam pekan ke-31 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (16/4/2024).

Duel ini akan mempertemukan dua bek kanan yang sempat terlibat insiden pada pertemuan pertama, 30 September 2024. Momen itu melibatkan Catur Pamungkas (Persebaya) dan Ady Setiawan (Dewa United).

Bek kanan Ady Setiawan terpaksa dilarikan ke rumah sakit usai kolaps karena berduel dengan Catur Pamungkas dalam laga tersebut. Kejadian tersebut terjadi pada menit ke-37 dalam sebuah skema serangan Dewa United, di daerah pertahanan Persebaya, Ady dan Catur berduel di udara.

Dalam duel di sisi kanan zona berbahaya Persebaya itu sikut Catur masuk ke kepala Ady. Pemain berposisi bek sayap ini langsung terjatuh dan terguling hingga tak sadarkan diri.

Ady Setiawan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat dengan mobil ambulans yang berjaga dalam laga tersebut. Akibat tindakannya itu Arief Catur langsung diusir dari pertandingan usai mendapat ganjaran kartu merah.

Insiden itu sempat memanaskan suasana, apalagi kedua tim kini akan berjumpa lagi. Catur rupanya sudah mengontak Ady untuk membuat pertemuan sebelum pertandingan.

“Ya pastinya saya ingin bertemu dengan Mas Ady. Nanti bisa silaturahmi juga. Sebelum pertandingan ada rencana bertemu,” kata Catur Pamungkas.

2 dari 4 halaman

Mantan Pemain Persebaya

Menariknya, Ady Setiawan sebenarnya membela Persebaya pada Liga 1 2021/2022, tapi kemudian hengkang. Catur kemudian masuk Bajul Ijo mulai Liga 1 2022/2023, mengisi pos bek kanan yang ditinggalkan Ady.

Catur Pamungkas sendiri telah menyebutkan bahwa Dewa United merupakan tim yang tak boleh diremehkan. Ada para pemain sayap yang berpotensi untuk merepotkan timnya.

“Dewa United memiliki winger yang cepat. Ada Egy, ada Majed Osman. Mereka itu dua winger berbahaya. Kami harus mewaspadai pemain sayap Dewa United. Kami akan mengikuti instruksi pelatih agar nanti bisa mengamankan tiga poin di kandang,” ucap Catur Pamungkas.

Bukan tanpa alasan Catur Pamungkas mewaspadai para pemain sayap Dewa United. Tim tamu datang dengan sejumlah reputasi cukup apik. 

3 dari 4 halaman

Catatan Laga Dewa United

Dewa United tercatat selalu memenangi tiga laga terakhir. Masing-masing adalah Persikabo 1973 (2-1), Bhayangkara FC (3-2), dan Persita Tangerang (4-1). Hasil terakhir Dewa United perlu jadi catatan buat Persebaya, terutama saat menang atas Persita.

Empat gol yang mereka ciptakan dari empat yang berbeda, yakni Brian Fatari, Dimitris Kolovos, Egy Maulana Vikri, dan Majed Osman. Menariknya, tak ada striker dalam empat nama itu.

Brian Fatari adalah seorang bek. Lalu, Kolovos dan Majed berposisi sebagai gelandang. Sedangkan Egy Maulana Vikri biasanya dimainkan sebagai winger atau penyerang lubang.

4 dari 4 halaman

7 Eks Persebaya

Ditambah lagi, ada total tujuh mantan pemain Persebaya di skuat Dewa United saat ini. Angka itu jadi yang terbanyak di antara klub-klub lain yang juga memiliki eks penggawa Persebaya.

Tujuh pemain itu adalah Ady Setiawan, Mochammad Zaenuri, Nasir, Alta Ballah, Ricky Kambuaya, Rangga Muslim, dan Ahmad Nufiandani.

Persebaya kini menghuni posisi ke-10 klasemen sementara dengan 39 poin dalam 30 pertandingan. Mereka telah membukukan sembilan menang, 12 seri, dan sembilan kalah.   

Video Populer

Foto Populer