Sukses


Euro 2020: Sah! Jude Bellingham Pecahkan Rekor Pemain Termuda dalam Sejarah Piala Eropa

Bola.com, London - Gelandang Timnas Inggris, Jude Bellingham, memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang tampil dalam sejarah Piala Eropa. Pencapaian itu diraih Jude Bellingham saat tampil bersama Timnas Inggris melawan Kroasia di ajang Euro 2020, Minggu (13/6/2021).

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Wembley itu, Jude Bellingham masuk sebagai pemain pengganti. Jude Bellingham menggantikan Harry Kane pada menit ke-82.

Menurut catatan UEFA, Jude Bellingham mengawali debutnya di Euro pada usia 17 tahun 349 hari. Rekor itu mengalahkan pencapaian sebelumnya yang diraih Jetro Willems bersama Timnas Belanda pada Euro 2012 yakni pada usia 18 tahun 71 hari.

Selain itu, Bellingham juga memecahkan rekor seniornya, Michael Owen. Bellingham kini menjadi pemain termuda yang membela Timnas Inggris pada turnamen utama.

Kebahagiaan Jude Bellingham bertambah karena Timnas Inggris berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor 1-0. Gol kemenangan The Three Lions dicetak oleh Raheem Sterling pada menit ke-57'.

Timnas Inggris menyisakan dua laga di babak penyisihan Grup D Euro 2020. Menarik untuk menyaksikan penampilan-penampilan lain dari Jude Bellingham.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Dinanti Rekor Lain

Jude Bellingham dinanti rekor-rekor lainnya di Euro 2021. Setidaknya ada tiga rekor yang bisa dipecahkan Bellingham pada turnamen edisi tahun ini.

Jude Bellingham berpeluang memecahkan rekor lagi bila mampu mencetak gol untuk Timnas Inggris. Saat ini, pencetak gol termuda di Euro masih dipegang Johan Vonlanthen pada usia 18 tahun 141 hari di Euro 2004.

Bila Timnas Inggris sukses menembus final, Bellingham juga punya peluang mencetak dua rekor lain. Rekor pemain muda yang tampil di final di Euro masih dipegang Renato Sanches pada usia 18 tahun 328 hari di Euro 2016.

Adapun rekor pemain paling yang mencetak gol di final Euro masih dimiliki Pietro Anastasi. Ketika itu, Pietro Anastasi mencetak gol pada final 1986 pada usia 20 tahun 63 hari.

Sumber: UEFA

Video Populer

Foto Populer