Sukses


Hasil BRI Liga 1: Kalahkan PSM Melalui Drama 6 Gol, Persija Kuasai Puncak Klasemen

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta meraih kemenangan 4-2 atas PSM Makassar pada laga pekan ke-20 BRI Liga 1 2022/2023 yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Rabu (25/1/2023). Kemenangan ini membuat klub ibu kota memuncaki klasemen sementara. 

Persija Jakarta menurunkan skuat yang tak biasa saat menghadapi PSM Makassar. Masih menggunakan skema 3-4-3, pelatih Thomas Doll mencadangkan Michael Krmencik dan Hanno Behrens.

Aji Kusuma dipercaya menemani Abdulla Yusuf Helal di lini depan. Pergerakan keduanya juga didukung oleh Riko Simanjuntak yang diplot sebagai sayap kanan.

Sementara itu, PSM Makassar juga memainkan skema 3-4-3. Pelatih Bernardo Tavares mempercayakan lini depan pada trio Yance Sayuri, Kenzo Nambu, dan Everton untuk menggempur pertahanan Persija Jakarta.

2 dari 5 halaman

Unggul 2 Gol

Persija Jakarta mendapatkan tekanan pada awal babak pertama. PSM Makassar menggempur melalui Wiljan Pluim, Yakob, dan Yance Sayuri. Beruntung barisan pertahanan Persija masih kukuh dalam mengantisipasi serangan PSM.

Persija kemudian mendapatkan peluang perdana pada menit ke-12 melalui Abdulla Yusuf Helal. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa diantisipasi kiper PSM kawalan

Persija berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-20. Menerima umpan Riko Simanjuntak, Yusuf Helal kemudian melepaskan tendangan yang bersarang di sisi kanan gawang PSM.

PSM kemudian bereaksi melalui Kenzo Nambu pada menit ke-24. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa diantisipasi oleh Hansamu Yama.

Memasuki menit ke-35, Persija menggandakan keunggulan melalui aksi Aji Kusuma. Menerima operan dari Riko, Aji kemudian melepaskan tendangan yang bersarang di pojok kiri atas gawang PSM.

Pada menit ke-41, PSM memilki peluang memperkecil ketertinggalan melalui Yakob Sayuri. Namun, bola hasil sepakannya setelah menerima umpan Akbar Tanjung masih bisa diamankan kiper Persija Jakarta kawalan Andritany Ardhiyasa. Hingga turun minum tak ada gol tambahan.

3 dari 5 halaman

Tambah Gol

Memasuki paruh kedua laga, Persija semakin agresif dalam melancarkan serangan. Pada menit ke-53, Aji Kusuma kembali mencetak gol setelah menyelesaikan umpan Muhammad Ferarri.

PSM kemudian bereaksi melalui aksi Everton dan Yuran Fernandes pada menit ke-64. Namun, upaya keduanya masih bisa digagalkan Andritany.

Tiga menit kemudian, Everton akhirnya menjebol gawang Persija setelah menerima operan Ramadhan Sananta. Gol itu membangkitkan motivasi bermain dari PSM.

Namun, gawang PSM justru kembali kebobolan pada menit ke-81. Abdulla Yusuf Helal mencetak gol kedua dalam laga itu setelah memaksimalkan umpan Syahrian Abimanyu.

Pada pengujung laga, PSM berhasil memperkecil ketertinggalan melalui Rasyid Bakri. Hingga peluit panjang dibunyikan, tak ada lagi gol tambahan.

Kemenangan ini membuat Persija naik ke puncak klasemen sementara BRI Liga 1 dengan raihan 38 poin. Namun, Persija hanya unggul selisih gol atas PSM yang membayangi pada posisi kedua.

4 dari 5 halaman

Daftar Susunan Pemain

Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa (kiper), Hansamu Yama, Ondrej Kudela, Muhammad Ferarri (belakang), Hanif Sjahbandi, Resky Fandi, Firza Andika, Alfriyanto Nico, Riko Simanjuntak, Aji Kusuma, Abdulla Yusuf Helal (depan)

Pelatih: Thomas Doll (Jerman)

PSM Makassar (3-4-3): Reza Arya (kiper), Agung Mannan, Yuran Fernandes, Akbar Tanjung (belakang), Wiljan Pluim, Muhammad Arfan, Rizky Eka Pratama, Yakob Sayuri (tengah), Yance Sayuri, Kenzo Nambu, Everton (depan)

Pelatih: Bernardo Tavares (Portugal)

5 dari 5 halaman

Yuk Simak Posisi Tim Kesayangan Kamu!

Video Populer

Foto Populer