Sukses


Cerita Nova Arianto Jadi Pelatih Timnas Indonesia U-16: Berawal dari Piala Asia 2023, Ada Peran Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Nova Arianto menceritakan penunjukkannya sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16 oleh PSSI. Semua berasal dari Piala Asia 2023 Qatar.

Ketika di Piala Asia 2023, Nova menjadi asisten pelatih timnas senior yang dipimpin oleh Shin Tae-yong.

Nova mengatakan bahwa di Qatar, Ketua PSSI, Erick Thohir, mendiskusikan calon pelatih Timnas Indonesia U-16 bersama Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, dan manajer timnas senior, Endri Erawan.

Selain itu, lanjut Nova, Erick Thohir juga berkonsultasi dengan Shin Tae-yong yang memberikan restu kepadanya untuk menangani Timnas Indonesia U-16.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penjelasan Nova Arianto

"Proses awalnya di Qatar. Waktu itu di sana ada Pak Ketua PSSI, Pak Endri, dan Pak Sumardji. Kami berkomunikasi di sana," ujar Nova setelah memimpin latihan Timnas Indonesia U-16 di Lapangan A Kompleks GBK, Jakarta, Senin (19/2/2024) sore WIB.

"Situasinya, Timnas Indonesia U-16 tidak ada pelatih. Akhirnya, saya ditanya mengenai kesiapan untuk memegang Timnas Indonesia U-16."

"Setelah Pak Ketua PSSI berkomunikasi dengan coach Shin Tae-yong, coach Shin menyampaikan ke saya bahwa saya diberikan kesempatan melatih Timnas Indonesia U-16," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Panggil 32 Pemain

Untuk sementara, Nova bakal triple job. Selain memoles Timnas Indonesia U-16, pria yang dijuluki Suster Ngesot itu juga masih menjadi asisten pelatih timnas senior dan timnas U-23.

Tugas pertama Nova sebagai nakhoda Timnas Indonesia U-16 adalah menggelar pemusatan latihan di Jakarta pada 19-21 Februari 2024 sebagai persiapan untuk Piala Asia U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Nova memanggil 32 pemain. Arsitek berusia 45 tahun itu bakal melakukan seleksi ketat untuk dipilih ke pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 pada tahap selanjutnya.

Video Populer

Foto Populer