Sukses


BRI Liga 1: Gelandang Andalan Persis Jalani Pemulihan, demi Bisa Perkuat Laskar Sambernyawa hingga Akhir Musim

Bola.com, Solo - Gelandang Persis Solo, Sutanto Tan, dipastikan harus menjalani prosedur operasi untuk menyembuhkan cederanya. Dari hasil pemeriksaan, ada beberapa masalah yang dialami pemain berusia 29 tahun itu.

Menurut hasil magnetic resonance imaging (MRI), Sutanto Tan mengalami complex tear meniscus alias robekan pada tulang rawan lutut. Ditemukan pula partial tear posterior cruciate ligament (PCL) atau robekan pada ligamen belakang lutut.

Dokter tim Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo, menyebut bahwa saat ini pihaknya masih mencari jadwal operasi untuk Sutanto Tan. Selama masa penantian ini, dia masih bisa berlatih seperti biasa bersama Laskar Sambernyawa.

“Hanya saja, dia harus tetap menjalani operasi. Makanya ini, kami tengah mempersiapkan operasinya. Kami sedang mencarikan jadwal,” kata Iwan Wahyu Utomo.

“Selama menunggu kepastian jadwalnya, dia akan tetap mengikuti latihan seperti biasa. Kemudian, pada saat waktunya telah tiba, Sutanto akan menjalani operasi,” ia menambahkan.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Waktu Pemulihan

Meskipun demikian, Iwan masih belum bisa memastikan soal periode waktu yang dibutuhkan pemain berusia 29 tahun itu untuk menjalani proses pemulihan. Kepastiannya baru bisa disimpulkan setelah menjalani operasi.

Pasalnya, sampai saat ini, tim dokter juga belum bisa memastikan apakah cedera pada bagian meniskus tersebut termasuk dalam golongan ringan, cukup dibersihkan, atau bahkan harus dijahit.

“Itu nanti tergantung operasinya. Jadi, untuk tahap rehabilitasi setelah operasi, kami sampai saat ini masih belum bisa memastikan,” kata Iwan.

3 dari 5 halaman

Cedera Tulang Pipi

Selain masalah pada bagian lututnya, pemain asal Pekanbaru itu sebetulnya juga sempat mengalami retak pada tulang pipinya. Momen ini terjadi dalam sesi official training jelang laga melawan PSM Makassar pada pekan ke-27.

Meskipun demikian, cedera tersebut kini sudah membaik. Bahkan, Iwan juga menyebut Sutanto sudah bisa bertanding ketika Persis Solo menghadapi Persedikab Kabupaten Kediri di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (23/3/2024) malam WIB.

“Kondisinya saat ini masih bagus dan untuk cedera tulang pipi sudah membaik tanpa keluhan setelah menjalani istirahat selama tiga minggu. Kemarin, dia baru turun selama 45 menit pada uji coba dan tidak merasa gangguan,” ujarnya.

4 dari 5 halaman

Sudah Menepi Lama

Sebagai informasi, Sutanto Tan sudah cukup lama menghilang dari skuad Persis Solo di BRI Liga 1 2023/2024. Dia terakhir kali bermain ketika Laskar Sambernyawa menghadapi Persib Bandung pada pekan ke-24.

Setelah itu, namanya selalu absen dari daftar pemain yang dibawa Milomir Seslija. Sutanto telah melewatkan lima pertandingan terakhir Persis, yakni saat melawan Persik Kediri (2-1), Bali United (2-3), PSM Makassar (1-0), Barito Putera (2-1), dan PSIS Semarang (2-0).

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Persis Solo saat Ini

Video Populer

Foto Populer