Sukses


Perseteruan Panjang Timnas Inggris Vs Jerman

Jakarta Timnas Inggris akan menghadapi Jerman dalan laga uji coba di di Wembley, Jumat (10/11/2017) waktu setempat, atau Sabtu (11/11/2017) dini hari WIB.

Meski berstatus uji coba, pertandingan nanti tetap berpeluang menghasilkan kisah menarik. Sejarah panjang perseteruan Timnas Inggris dan Jerman merupakan buktinya.

Kedua negara secara resmi pertama kali bertemu pada 22 Maret 2017. Hingga kini mereka sudah bertarung 30 kali dengan Jerman memetik 15 kemenangan, berbanding 13 milik Inggris.

Meski tidak terlalu jauh tertinggal dari Jerman, Timnas Inggris tidak ada apa-apanya dibanding rival jika bicara prestasi. The Three Lions baru sekali menjadi juara kompetisi besar. Sedangkan Jerman memenangkan empat edisi Piala Dunia dan tiga kali berjaya di Piala Eropa.

Dari duel-duel tersebut, beberapa menghadirkan duel klasik. Berikut empat di antaranya yang mencolok.

2 dari 5 halaman

Piala Dunia 1966

Inggris vs Jerman di final Piala Dunia 1966. (AFP/Str)

Inggris dalam posisi favorit karena selalu berjaya pada empat pertemuan sejak 1950. Mereka pun nyaris meraih kemenangan dalam 90 menit.

Namun, laga berlanjut ke perpanjangan waktu karena Wolfgang Weber menyamakan kedudukan. Pada babak ekstra, salah satu kontroversi paling tenar di sepak bola terjadi.

Hakim garis asal Rusia membantu Inggris dengan mengesahkan gol bola hasil tendangan Geoff Hurst, yang memantul tanah setelah mengenai mistar. Hurst lalu memastikan kemenangan 4-2 Inggris sekaligus melengkapi hattrick.

3 dari 5 halaman

Piala Dunia 1990

Semifinal Piala Dunia yang menjadi awal fobia Inggris terhadap adu penalti. Kedua tim sebelumnya bermain sama kuat selama 120 menit, dengan Andreas Brehme mencetak gol bagi Jerman Barat dengan Gary Lineker menyamakan kedudukan bagi Inggris.

Ekspresi kiper Inggris, Peter Shilton (kiri), setelah gagal mencegah tendangan bek Jerman Andreas Brehme pada Piala Dunia 1990. (AFP/Bob Pearson)

Lineker, Peter Beardsley, dan David Platt sukses melaksanakan tugas sebagai algojo. Sedangkan Stuart Pearce dan Chris Waddle gagal menunaikan kepercayaan.

Di sisi lain, seluruh penendang Jerman Barat yakni Brehme, Lothar Matthaus, Karl-Heinz Riedle, dan Olaf Thon sukses memasukkan bola.

4 dari 5 halaman

Uji Coba 2001

Salah satu hari paling berkesan bagi Inggris, sekaligus momen terbaik Sven Goran Eriksson sebagai pelatih The Three Lions.

Dikalahkan Jerman pada pertemuan pertama di Wembley, 11 bulan sebelumnya, Inggris kembali dibayang-bayang hasil buruk setelah Carsten Jancker membawa tuan rumah memimpin.

Michael Owen jadi pahlawan kemenangan Timnas Inggris atas Jerman pada laga di Munich, 2001. (AFP/Adrian Dennis)

Namun, Inggris kemudian mengamuk dengan Michael Owen menghasilkan hattrick, pllus gol lain dari Steven Gerrard dan Emile Heskey.

5 dari 5 halaman

Piala Dunia 2010

Giliran Inggris yang merasakan nestapa karena kontroversi ofisial. Mereka pun tersingkir dari Piala Dunia di Afrika Selatan.

Jerman memimpin melalui Miroslav Klose dan Lukas Podolski. Inggris kemudian memperkecil kedudukan melalui Matthew Upson.

Pada titik ini, tendangan Frank Lampard sebenarnya sudah melewati garis gawang. Tapi wasit tidak mengesahkan gol. Setelah itu, Jerman kemudian memastikan kemenangan melalui dua gol Thomas Muller.

Kekecewaan kapten Inggris Steven Gerrard di laga 16 besar Piala Dunia 2010 melawan Jerman. (AFP/Christophe Simon)

Video Populer

Foto Populer