Sukses


Sebelum Jalani Lanjutan BRI Liga 1, Arema FC Butuh Uji Coba

Bola.com, Malang - Arema FC sudah mempersiapkan diri untuk lanjutan BRI Liga 1 2022/2023.

Mereka sudah lebih dari satu bulan menjalani tahapan persiapan. Mulai latihan didampingi psikolog, hingga mengembalikan fisik pemain.

Kini tim berjulukan Singo Edan sudah sampai ke tahapan selanjutnya, yakni membangun kerja sama tim untuk menunjang strategi di lapangan.

“Program-program yang sifatnya individu sudah mulai kami kurangi. Saat ini, fokus pada latihan secara tim dan permainan di lapangan,” kata pelatih Arema, Javier Rocha.

Beberapa waktu lalu Arema FC masih fokus pada pemulihan mental pemain dan kondisi fisik pasca Tragedi Kanjuruhan. Pemain juga dapat banyak program untuk mengembalikan kemampuan individu. Seperti duel satu melawan satu, finishing dan lainnya.

“Latihan individu yang terakhir diberikan adalah sesi latihan fisik. Kami juga ada gym untuk pemain. Tapi saat ini sudah latihan normal. Fokus pada permainan,” lanjut pelatih 45 tahun ini.

2 dari 6 halaman

Sudah Siap

Roca menambahkan, pemainnya sudah dipersiapkan untuk menghadapi lanjutan kompetisi. Pemain, pelatih dan official sudah mendengar kabar kompetisi akan dilanjutkan awal Desember. Artinya hanya tersisa waktu beberapa hari ke depan.

“Secara umum kami siap,” tegas mantan pelatih Persik Kediri ini.

Sebelum melangkah kembali di kompetisi, Roca mengakui bahwa timnya membutuhkan beberapa sesi latihan bersama dengan tim lain. Selama ini Arema belum menjalani uji coba dengan tim lain. Mereka hanya sempat latihan bersama tim dari Akademi Arema.

“Suasana permainan mungkin bisa didapatkan di pertandingan uji coba,” jelasnya.

3 dari 6 halaman

TC Timnas

Sementara itu, pemain muda Arema FC Arkhan Fikri sudah tiba di Indonesia. Pemain berusia 17 tahun ini menjalani  pemusatan latihan bersama Timnas U-20 Indonesia di Turki dan Spanyol mulai pertengahan Oktober hingga akhir November 2022.

Hanya saja setelah kembali dari Eropa, Arkhan tidak bisa langsung bergabung dengan sesi latihan Arema di Malang. Kepada tim pelatih, Arkhan meminta ijin untuk berkumpul dengan keluarganya lebih dulu yang ada di Sumatera Utara.

“Arkhan sudah izin kepada saya,” kata Roca. 

Rencananya, Arkhan akan bergabung dengan Dendi Santoso dkk pada 4 Desember. “Dia mulai bergabung dengan tim tanggal 4 Desember nanti,” sambungnya.

 

4 dari 6 halaman

Bukan Sekadar Pelengkap

Di Arema, Arkhan tak sekadar jadi pelengkap. Meski jadi pemain termuda di Arema, tenaganya tetap dibutuhkan. Tercatat dia sudah tampil dalam 4 pertandingan.

Dua di antaranya dia tampil sejak menit awal. Termasuk saat menjalani laga sarat gengsi di Liga 1 melawan Persebaya Surabaya 1 Oktober lalu di Stadion Kanjuruhan.

Arkhan tampil sejak menit awal. Itu merupakan laga terakhir sebelum Liga 1 dihentikan. Setelah pertandingan itu, terjadi Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 korban jiwa.

Mentalnya bisa cepat kembali saat dipanggil Timnas Indonesia U-20.

5 dari 6 halaman

Tidak Lama di Arema

Meski akan dijadwalkan bergabung pada 4 Desember ke Malang, Arkhan tidak akan lama berlatih dengan Arema. Sudah banyak agenda pemusatan latihan yang menanti Timnas Indonesia U-20.

Rencananya pada Januari, mereka menjalani pemusatan lagi untuk Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20.

Meski sering meninggalkan Arema, kemampuan Arkhan diprediksi makin matang. Saat pemusatan latihan di Turki dan Spanyol, ada 7 uji coba melawan timnas dan klub di sana. Arkhan akan terbiasa menghadapi lawan yang punya kemampuan lebih baik.

  

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer