Sukses


Mengulas Kinerja Pemain Keturunan di Timnas Indonesia saat Hadapi Vietnam: Jay Idzes Solid!

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menurunkan hampir semua amunisi keturunan yang dimilikinya saat menghadapi Timnas Vietnam pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Kamis (21/3/2024) malam itu, Shin Tae-yong setidaknya menurunkan total enam pemain naturalisasi Timnas Indonesia.

Lima di antaranya sudah muncul dalam daftar starting eleven alias sebelas pemain pertama yang turun sebagai starter. Dari semua nama ini, dua sosok mendapatkan kesempatan untuk mengukir debutnya bersama skuad Garuda.

Sementara itu, hanya ada satu nama yang diturunkan sebagai pengganti. Satu-satunya pemain naturalisasi yang terdaftar pada laga ini tetapi tak mendapat kesempatan bermain ialah Marc Klok. Berikut Bola.com menyajikan ulasan performanya.

2 dari 7 halaman

Rafael Struick

Gol yang dinanti-nantikan dari Rafael Struick masih belum datang juga. Ini menjadi kalI kesekian bagi pemain asal ADO Den Haag itu mendapat kesempatan turun sebagai starter dari Shin Tae-yong.

Struick sebetulnya sempat mendapatkan kesempatan mencetak gol debut pada babak pertama. Sayang, tembakannya masih bisa diamankan kiper lawan. Selebihnya, tak ada banyak kesempatan yang diperoleh pemain berusia 20 tahun ini.

 

3 dari 7 halaman

Ivar Jenner

Kehadiran Ivar Jenner di lini tengah Timnas Indonesia sangat krusial. Pemain asal klub Jong FC Utrecht ini memang sempat kesulitan menjaga stabilitas pada babak pertama. Sebab, kubu lawan langsung memberikan pressing ketat sejak awal laga.

Namun, seiring berjalannya laga, Ivar Jenner bisa membantu alur distribusi bola di lini tengah. Pergerakannya juga beberapa kali merepotkan lawan karena cukup aktif membantu serangan skuad Merah Putih.

 

4 dari 7 halaman

Justin Hubner

Aksi impresif kembali dipertontonkan Justin Hubner pada laga ini. Mendapatkan kepercayaan bermain sebagai starter, pemain berusia 20 tahun itu berhasil menjaga pertahanan Timnas Indonesia dengan impresif.

Keberaniannya dalam bertarung, ketenangan saat menguasai bola, dan kemampuan progresi menjadi keunggulan pemain asal klub Cerezo Osaka ini. Jika terus konsisten, Hubner akan jadi pilihan utama Shin Tae-yong di sektor pertahanan.

 

5 dari 7 halaman

Jay Idzes

Absennya Jordi Amat memang tak begitu mengkhawatirkan Shin Tae-yong. Sebab, Jay Idzes sudah bisa diturunkan sebagai penggantinya. Tampil sebagai starter, penampilannya di lini tengah cukup solid.

Pemain berusia 23 tahun itu bermain sangat tenang di sektor pertahanan. Dia seperti sudah bisa beradaptasi saat berduet dengan Rizky Ridho dan Justin Hubner. Idzes tampaknya bakal menjadi prospek cerah bagi pertahanan skuad Garuda di masa mendatang.

 

6 dari 7 halaman

Nathan Tjoe-A-On

Penampilan Nathan Tjoe-A-On pada laga debutnya saat melawan Vietnam memang masih belum maksimal. Performa ini memang cukup bisa dimaklumi karena Nathan baru pertama kali bermain bersama skuad Garuda.

Masih butuh waktu bagi pemain berusia 22 tahun itu untuk bisa nyetel dengan gaya permainan Timnas Indonesia. Sepanjang penampilannya selama 45 menit, Nathan memang masih belum padu ketika bekerja sama di sektor kiri.

 

7 dari 7 halaman

Sandy Walsh

Sandy Walsh baru mendapatkan kesempatan bermain pada awal babak kedua untuk menggantikan Yakob Sayuri. Aksi-aksinya cukup taktis saat mengisi sektor wing back kanan Timnas Indonesia.

Sayangnya, belum ada penetrasi-penetrasi berbahaya yang dilakukan oleh pemain berusia 29 tahun ini. Sandy masih belum terlalu aktif melakukan overlap untuk membantu serangan Timnas Indonesia. 

Video Populer

Foto Populer