Sukses


Prediksi Borussia Dortmund v Bayern Munchen: Hapus Kutukan

Bola.com, Dortmund - Kompetisi sepak bola di Jerman akan dibuka oleh pertemuan Borussia Dortmund dengan Bayern Munchen pada Piala Super Jerman yang akan berlangsung pada Minggu (14/8/2016). Laga bertajuk Der Klassiker ini dipastikan akan berjalan panas karena telah mencapai level baru akibat transfer pemain yang dilakukan oleh kedua klub.

Pada bursa transfer musim panas, Dortmund membuat keputusan mengejutkan dengan membawa pulang Mario Gotze yang hengkang ke Munchen pada tahun 2013. Keputusan klub mendapat reaksi keras dari para pendukung Dortmund yang kadung mencap Gotze sebagai penghianat.

Pemain yang berposisi sebagai playmaker tersebut mempunyai misi yang berat untuk kembali memenangkan tempatnya di hati para pendukung Dortmund.

"Laga melawan Bayern adalah laga yang sangat penting dan Dortmund harus menang pada laga tersebut. Saya merasa laga ini adalah laga yang spesial untuk saya dan saya harap semua pihak dapat bersikap secara profesional," ucap Gotze.

Gotze menjadi pemain ketiga dalam tiga tahun terakhir setelah Shinji Kagawa dan Nuri Sahin yang memutuskan untuk kembali Westfalenstadion. Pemain berusia 24 tahun tersebut berharap dapat mengikuti jejak kedua rekannya yang kembali menemukan performa terbaiknya usai kembali ke Dortmund.

Dortmund mempunyai keuntungan karena laga tersebut akan dimainkan di kandang mereka, Signal Iduna Park. Selain itu, jika melihat catatan pertemuan kedua klub pada tiga tahun terakhir, Die Borussen sukses mengalahkan Bayern sebanyak dua kali.

Dortmund terbilang sukses pada bursa transfer kali ini. Kehilangan sejumlah pemain pilar, yaitu Henrikh Mkhitaryan, Ilkay Gundogan dan Mats Hummels tidak mengendurkan semangat skuat besutan Thomas Tuchel. Sang pelatih mengganti pemain tersebut dengan pemain hebat lainnya, yaitu Gotze, Andre Schurlle, Marc Batra, Ousmane Dembele dan Emre Mor.

Pada laga nanti, Tuchel berharap banyak kepada strikernya, Pierre-Emerick Aubameyang, untuk membongkar pertahanan Bayern. Striker asal Gabon tersebut tampil sensasional pada musim 2015-16 dengan mencetak 39 gol dari 46 penampilan. Namun pelatih berusia 43 tahun tersebut meminta para suporter untuk tidak berharap terlalu banyak dari laga nanti.

"Tentu saja semua tim ingin memenangi Supercup, namun jika melihat hasil analisis tim, saya harap para suporter tidak mempunyai ekspektasi yang terlalu tinggi," jelas Tuchel.

2 dari 3 halaman

Bayern Ingin Hapus Kutukan

Bayern Ingin Hapus Kutukan
Bayern Munchen menutup musim 2015-16 dengan hasil bagus setelah meraih double winners dengan menjuarai Bundesliga dan DFB Pokal. Dortmund menjadi korban Bayern pada laga final DFB Pokal yang berlangsung pada Mei lalu. Saat itu Die Bavarians menang lewat drama adu penalti.

Laga melawan Dortmund nanti akan menjadi debut laga kompetitif bagi pelatih baru Bayern, Carlo Ancelotti. Pelatih asal Italia tersebut mengincar trofi pertamanya bersama Bayern sejak menggantikan Pep Guardiola.

"Kami akan bermain untuk mendapatkan gelar pertama pada musim ini. Dortmund mempunyai skuat yang bagus, namun kami unggul secara mental. Kami percaya diri bisa mengontrol laga tersebut. Para pemain Bayern harus fokus melihat Dortmund sebagai sebuah tim tanpa melihat individual yang memperkuatnya," jelas Don Carletto.

Meskipun memiliki skuat yang unggul, namun Bayern mempunyai catatan kurang bagus di ajang Piala Super Jerman. Bayern yang selalu tampil di ajang ini dalam tiga tahun terakhir selalu gagal mengamankan kemenangan. Pada tahun 2015, FC Hollywood takluk melalui babak adu penalti saat menghadapi Wolfsburg.

Bayern berniat menghapus kutukan mereka agar bisa kembali mengangkat Piala Super Jerman, yang kali terakhir mereka amankan pada tahun 2012.

"Kami gagal mempertahankan Piala Super Jerman dalam tiga penampilan kami yang terakhir di ajang tersebut. Laga melawan Dortmund selalu menjadi laga yang spesial, baik untuk para pemain dan pada suporter. Karena laga ini melibatkan gengsi dan harga diri," ungkap Muller.

Selain Gotze, pemain lainnya yang akan mendapatkan sambutan khusus dari pendukung Dortmund adalah Hummels yang baru bergabung ke Bayern dari Dortmund. Mantan kapten Dortmund tersebut sudah siap menerima ejekan dari penduduk Westfalenstadion.

"Saya pasti akan mendapat sambutan yang konfrontatif setelah memutuskan untuk kembali bergabung dengan Bayern. Hal tersebut bisa dimengerti karena saya pernah mempunyai waktu yang indah dengan pendukung Dortmund. Namun saya siap menghadapi ejekan-ejekan tersebut," jelas Hummels.

Jelang laga ini, Robert Lewandowski siap bersaing dengan Aubameyang untuk memperebutkan striker tertajam di Jerman. Die Bayern dipastikan tidak akan diperkuat oleh Jerome Boateng, Renato Sanches dan Arjen Robben yang masih dibekap cedera.

3 dari 3 halaman

Rekor Pertemuan

Rekor Pertemuan & Prakiraan Formasi

5 Laga terakhir Borussia Dortmund:
9/8/2016 Borussia Dortmund 0-1 Athletic Bilbao (Uji Coba)
5/8/2016 Borussia Dortmund 1-1 Sunderland (Uji Coba)
28/7/2016 Borussia Dortmund 1-1 (P) Man. City (Uji Coba)
22/7/2016 Manchester United 1-4 Borussia Dortmund (Uji Coba)
16/7/2016 1860 Munchen 1-0 Borussia Dortmund (Uji Coba)

5 Laga terakhir Bayern Munchen:
4/8/2016 Bayern Munchen 0-1 Real Madrid (Uji Coba)
31/7/2016 Inter Milan 1-4 Bayern Munchen (Uji Coba)
28/7/2016 Bayern Munchen 3-3 (P) AC Milan (Uji Coba)
23/7/2016 Landshut 0-3 Bayern Munchen (Uji Coba)
21/7/2016 Bayern Munchen 1-0 Manchester City (Uji Coba)

5 Pertemuan Terakhir Bayern dan Dortmund:
22/5/2016 Bayern Munchen (P) 0-0 Borussia Dortmund (Final DFB Pokal)
6/3/2016 Borussia Dortmund 0-0 Bayern Muenchen (Bundesliga)
4/10/2016 Bayern Munchen 5-1 Borussia Dortmund (Bundesliga)
29/4/2016 Bayern Munchen 1-1 (P) Boarussia Dortmund (DFB Pokal)
4/4/2016 Borussia Dortmund 0-1 Bayern Munchen (Bundesliga)

Prakiraan Formasi:
Borussia Dortmund (4-3-3): Roman Burki; Lukasz Piszczek, Marc Batra, Sokratis Papastathopoulos, Raphael Guerreiro; Gonzalo Castro, Mario Gotze, Shinji Kagawa; Adre Schurrle, Pierre-Emerick Aubameyang, Marco Reus.

Bayern Munchen (4-3-3): Manuel Neuer; Philipp Lahm, Javi Martinez, Mats Hummels, David Alaba; Arturo Vidal, Xabi Alonso, Thiago Alcantara; Thomas Muller, Robert Lewandowski, Franck Ribery

Persentase bola.com:
50-50

Sumber: Berbagai Sumber

 

***

EVENT SPESIAL PESTA BEAT LIVE STREAMING 8 KOTA

Video Populer

Foto Populer