Sukses


BRI Liga 1: Antisipasi Godaan Klub Lain, Persebaya Ikat Pemain Muda dengan Kontrak Jangka Panjang

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya membuat kebijakan yang belum lazim di Indonesia. Manajemen Bajul Ijo bakal memberikan kontrak jangka panjang, terutama untuk para pemain muda.

Biasanya, klub-klub Indonesia memilih kontrak jangka pendek dengan durasi hanya semusim kompetisi. Alasannya, jadwal kompetisi Indonesia selalu tidak menentu sehingga membuat klub enggan berspekulasi.

Keputusan memberi kontrak jangka panjang juga tidak lepas dari kepergian sejumlah pemain bintang Persebaya Surabaya. Bagaimana tidak, 17 pemain sudah resmi pergi setelah BRI Liga 1 2021/2022 berakhir.

Kejadian ini sebenarnya tidak lepas dari kontrak jangka pendek yang mengikat para pemain tersebut. Mereka hanya dikontrak sampai akhir musim dan kini bebas menentukan pilihan jika mendapat tawaran klub lain.

Persebaya kini tercatat memiliki 18 pemain yang sudah diumumkan untuk musim depan. Kebanyakan dari mereka adalah pemain muda, baik rekrutmen dari klub lain maupun jebolan tim junior Elite Pro Academy.

“Pemain-pemain muda kami rencananya semua kami coba untuk kontrak jangka panjang. Ada beberapa yang setahun, itu pun ada opsi perpanjangan di tengah musim. Jadi kami nanti akan lakukan perpanjangan di tengah musim,” kata Yahya Alkatiri, manajer Persebaya.

Apalagi, tawaran nilai kontrak dari klub lain itu melonjak naik berkali-kali lipat. Itu juga tidak terlepas dari performa para pemain tersebut dengan membawa Persebaya Surabaya menembus lima besar klasemen akhir BRI Liga 1.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Soal Pemain Muda Rekrutan Baru

Persebaya Surabaya punya dua pemain muda yang direkrut dari klub lain. Masing-masing adalah Salman Alfarid dari Persija Jakarta dan Andre Oktaviansyah dari Persikabo 1973. Keduanya juga mendapat kontrak panjang sedang opsi.

“(Kontrak Salman) dua tahun plus opsi perpanjangan kontrak. Dia punya kualitas. Andre satu musim ada opsi perpanjangan di tengah musim. Tinggal sekarang anaknya mau berapa tahun. Jadi ini tujuannya adalah supaya tim ini lama,” ucap Yahya.

“Semua anak-anak muda yang kami kontrak ini, Insyaallah mempunyai kelebihan masing-masing dan ini baik untuk Persebaya ke depan. Semua yang dipilih sesuai keinginan pelatih. Itu yang paling penting,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Skuad Persebaya untuk Liga 1 2022/2023 Sampai Saat Ini

Dari 18 pemain, sebanyak delapan di antaranya adalah anggota skuad Persebaya Surabaya musim lalu, yakni Ernando Ari Sutaryadi, Andhika Ramadhani, Satria Tama, I Gede Dida, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, Alwi Slamat, dan Muhammad Hidayat.

Lalu, terdapat empat pemain yang dipromosikan dari tim Elite Pro Academy (EPA), yaitu Deni Agus, Arief Catur, Risky Dwiyan, dan Widi Syarief.

Terakhir, lima pemain direkrut dari tim lain, yakni Andre Oktaviansyah, Mochamad Zaenuri, Leo Lelis, Januar Eka Ramadhan, Salman Alfarid, dan Dandi Maulana.

4 dari 4 halaman

Posisi Akhir Persebaya di BRI Liga 1 2021/2022

Shin Tae-yong Punya Cara Cerdik Bantai Irak

Video Populer

Foto Populer