Sukses


Nostalgia Skuat Inti Liverpool saat Pertama Kali Jurgen Klopp Mendarat, Cuma Dua Biji Pemain

Bola.com, Jakarta - Pelan namun pasti, Jurgen Klopp menancapkan namanya sebagai salah satu pelatih terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Klopp berhasil membentuk The Reds menjadi salah satu tim terkuat di Eropa tiga musim terakhir.

Selama bekerja di Anfield, nakhoda asal Jerman itu telah mempersembahkan empat trofi bergengsi. Piala-piala tersebut antara lain: Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa dan Premier League.

Era Klopp di Liverpool dimulai pada 8 Oktober 2015. Dia menghadapi pertandingan pertamanya sembilan hari kemudian.

Tottenham menjadi lawan perdana Klopp sebagai manajer The Reds. Pertandingan di White Hart Lane tersebut berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Berikut ini starting XI pertama Klopp di Liverpool dan kabar mereka kini. Siapa di antara mereka yang masih bertahan di klub hingga kini?

2 dari 13 halaman

KIPER: Simon Mignolet

Simon Mignolet adalah kiper nomor satu Liverpool ketika Jurgen Klopp mengambil alih. Namun, serangkaian blunder membuat pemain Belgia itu harus kehilangan tempatnya.

Mignolet akhirnya meninggalkan Liverpool pada musim panas 2019. Dia bergabung dengan Club Brugge dengan biaya 6 juta pounds dan membantu klub memenangkan liga pada musim lalu.

3 dari 13 halaman

BEK KANAN: Nathaniel Clyne

Pada 2015, Nathaniel Clyne baru saja bergabung dengan Liverpool. Dia kemudian berhasil menjadi pemain reguler di pertahanan Jurgen Klopp selama dua musim.

Namun, cedera parah ditambah dengan munculnya Trent Alexander-Arnold membuat Clyne tersingkir dari skuad. Clyne sempat dipinjamkan ke Bournemouth sebelum hengkang ke Crystal Palace.

4 dari 13 halaman

BEK TENGAH: Martin Skrtel

Martin Skrtel sudah berada di Liverpool sejak tahun 2008 dan menjadi pemain penting di klub. Namun, ia meninggalkan Anfield pada akhir musim 2015-2016 dengan bergabung Fenerbache.

Pemain Slovakia itu menghabiskan tiga musim di Turki sebelum pindah ke Atalanta. Namun, Skrtel cuma bertahan tiga pekan di Italia dan kemudian bergabung ke Istanbul Basaksehir.

5 dari 13 halaman

BEK TENGAH: Mamadou Sakho

Mamadou Sakho sempat menjadi pemain kunci Jurgen Klopp di Liverpool. Namun, masalah disiplin membuat pemain asal Prancis tersebut tersingkir dari skuad The Reds.

Mantan pemain PSG itu kemudian dilepas ke Crystal Palace pada Januari 2017. Bek berusia 30 tahun itu sampai sejauh ini sudah mencatatkan 75 penampilan di Selhurst Park.

6 dari 13 halaman

BEK KIRI: Alberto Moreno

Alberto Moreno tidak banyak dipercaya oleh Jurgen Klopp. Pemain asal Spanyol itu lebih sering menghabiskan waktunya di bangku cadangan selama berada di bawah manajer Jerman tersebut.

Moreno akhirnya meninggalkan Liverpool dan bergabung dengan Villarreal pada tahun 2019. Pemain berusia 28 tahun itu sudah membuat 63 penampilan untuk klub Spanyol tersebut.

7 dari 13 halaman

GELANDANG TENGAH: James Milner

James Milner pindah ke Liverpool dari Manchester City pada 2015 dengan status bebas transfer. Ia menjelma menjadi pemain yang serba bisa dan sangat diandalkan Jurgen Klopp.

Selama 5,5 musim membela Liverpool, Milner telah tampil dalam 231 laga dengan torehan 26 gol. Pria 35 tahun itu sudah membantu Liverpool memenangi gelar Liga Champions dan Premier League di Anfield.

8 dari 13 halaman

GELANDANG TENGAH: Lucas Leiva

Lucas Leiva merupakan pemain favorit penggemar Liverpool. Gelandang asal Brasil tersebut menghabiskan sepuluh tahun di klub sebelum hengkang ke Lazio pada 2017.

Leiva sampai saat ini masih tercatat sebagai pemain Lazio. Mantan pemain Gremio itu telah tampil dalam 132 laga dengan torehan 4 gol.

9 dari 13 halaman

GELANDANG SERANG: Emre Can

Emre Can adalah salah satu pemain penting Jurgen Klopp di Liverpool hingga musim panas 2018. Pemain 27 tahun itu kemudian pindah ke Juventus dengan status bebas transfer.

Gelandang timnas Jerman itu kesulitan mendapat kesempatan bermain di Turin. Ia lantas hengkang ke Borussia Dortmund pada Januari 2020.

10 dari 13 halaman

SAYAP KANAN: Adam Lallana

Adam Lallana menjadi pemain kunci pada awal masa kepemimpinan Jurgen Klopp di Liverpool. Namun, serangkaian cedera membuat Lallana tersingkir dari starting XI.

Sang gelandang akhirnya meninggalkan Anfield pada akhir musim 2019/2020. Ia melanjutkan kariernya di Brighton & Hove Albion setelah bermain enam tahun di Liverpool.

11 dari 13 halaman

SAYAP KIRI: Philippe Coutinho

Philippe Coutinho adalah bintang Liverpool saat Jurgen Klopp bergabung dengan klub pada 2015. Namun, ia membuat publik Anfield patah hati setelah pindah ke Barcelona pada Januari 2018.

Namun, perjalanan karier Coutinho di Camp Nou masih belum sesuai dengan harapan. Pemain asal Brasil itu kesulitan menunjukkan performa terbaiknya dan sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen pada musim lalu.

12 dari 13 halaman

STRIKER: Divock Origi

Karier Divock Origi di Liverpool tidak berjalan mulus. Pada era Jurgen Klopp, Origi sempat menjalani masa peminjaman di Wolfsburg pada musim 2017-2018.

Origi kerap menghabiskan waktunya sebagai pemain cadangan di Anfield. Meski begitu, pemain Belgia tersebut sukses membantu Liverpool memenangi trofi Liga Champions pada 2019 lalu.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 14/1/2021)

13 dari 13 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer